Tips Merawat Sneakers Kulit secara mandiri

Sepatu adalah alas kaki yang perlu diperhatikan perawatannya. Untuk sepatu sneakers yang terbuat dari kulit tentu memerlukan perawatan yang seksama supaya awet. Berikut adalah tips merawat sneakers kulit secara mandiri yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Harus lebih sering digunakan.
Sepatu Sneakers Kulit akan menjadi lebih awet jika sering digunakan. Karena sifat kulit yang pada awalnya sedikit kaku jika sering digunakan maka akan lentur mengikuti bentuk kaki. Disamping itu sepatu sneakers kulit jika sering digunakan akan terbebas dari jamur dan bau tidak sedap.



2. Perhatikan tempat penyimpanan.
Sepatu Sneakers Kulit membutuhkan sirkulasi udara untuk menghindari tumbuhnya jamur akibat kelembababan udara yang tinggi. Karena itu sneakers sesekali membutuhkan udara mengalir. Simpanlah dengan cara membungkus Sneakers kulit didalam kantung kain yang memiliki rongga udara kemudian lapisi dengan lembaran kertas dan shower cap atau dapat juga disimpan di kotak sepatu yang anti jamur.



3. Perhatikaan perawatan sneakers setelah digunakan.
Setelah digunakan seharian ada baiknya kita membersihkan sneakers dengan cara dilap. Jika sneakers basah maka kita bisa masukkan koran kedalam bagian dalam sneakers. Sedangkan jika sneakers sangat kotor gunakan sikat lembut dan kain untuk membersihkan sneakers dari noda dan kotoran dibantu dengan mengusapkan bahan alami yang mudah didapatkan dirumah seperti; pasta gigi, baking powder atau cuka. Untuk mengeringkan sneakers kulit cukup diangin-anginkan. Hindari menjemur sneakers kulit dibawah matahari karena dapat merusak tekstur kulitnya.



4. Perhatikan permukaan bawah sol sneakers
Terkadang setelah digunakan ditempat yang basah atau sehabis hujan, sol sneakers menjadi sangat licin sehingga dapat membahayakan langkah pengguna. Untuk membuat kesat kembali, bisa sedikit diamplas dengan menggosokkan selembar kertas pasir dipermukaan bawah sneakers. Gosoklah secara perlahan supaya tidak merusak sol nya. 



5.Perhatikan sneakers jika terkena air hujan
Seiring berjalannya waktu sneakers akan lebih lentur mengikuti bentuk kaki. Supaya bentuk sneakers tetap terjaga terlebih jika basah terkena air hujan, dapat disemprotkan spray anti air. Ini berfungsi untuk menjaga kelembaban dan membuat bentuk sneakears lebih terjaga. Adapun untuk melindungi sneakers dari kotoran akibat air hujan, dapat dioleskan petroleum jelly atau lilin pada permukaan sneakers. Permukaan sneakers kulit yang licin dan berminyak akan membuat air mengalir tanpa tertinggal dipermukaan kulit sneakers.

Nah ini begitulah tips merawat sepatu sneakers secara mandiri. Mudah yaa ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin ke Amsterdam? Via museum Fatahillah Jakarta saja

Tradisi Patekoan di Pantjoran Tea House

Karimun Jawa surga bawah laut yang menakjubkan...