Hubungan antara Prortugis dan Keroncong Tugu di Jakarta

Petunjuk arah kampung Tugu

Destinasi wisata kampung Tugu ada didaerah Jakarta Utara disekitar kawasan Koja dan Semper. Yang menarik disini adalah masih terdapat keturunan Portugis sebagai pendududuk yang pertama kali mendiami kampung Tugu.

Setelah Batavia jatuh ketangan VOC  tahun 1619, maka orang-orang Portugis yang merupakan tahanan VOC, memerdekakan diri dan mulai bermukim di kampung Tugu.
Interior rumah tua kampung Tugu

Dahulu kampung Tugu jauh dari keramaian. Maka orang-orang Portugis sering menghibur diri dengan bermain alat musik. Ukulele, bass dan biola menjadi alat musik yang paling sering dimainkan. Karena mengeluarkan bunyi seperti; "crong,..crong,..crong..." maka oleh penduduk setempat musik tersebut dinamakan keroncong.

Alat musik keroncong kampung Tugu


Hingga saat ini masih ada beberapa keturunan orang Portugis yang masih tinggal di kampung Tugu. Tidak ada perbedaan fisik secara mencolok hanya postur orang keturunan Portugis lebih besar dan tinggi. Mereka pada umumnya mempunyai suara merdu serta pandai bernyanyi.

Di kampung Tugu ada gereja Protestan tertua dari tahun  1748. Gereja ini masih dipergunakan untuk beribadah hingga saat ini. Ada satu tradisi untuk menyambut tahun baru di kampung Tugu. Yaitu tradisi mandi-mandi.
Lonceng Gereja berusia 200 tahun



Tradisi ini dilakukan 15 hari setelah tahun baru nasional tiba. Tradsi mandi-mandi mengandung arti menyucikan diri dengan saling memaafkan semua kesalahan di tahun yang sudah berlalu untuk menyambut tahun yang akan datang. Prosesi mandi-mandi terbuka untuk umum dengan mengoleskan bedak dingin kemuka  hadirin atau siapa saja yang ada di sekitar lokasi mandi-mandi.

Untuk kuliner khas kampung Tugu yang terkenal adalah egg tart tradisional. Bentuk Egg tart tidak sempurna seperti ditoko bakery ternama. Karena dibentuk alakadarnya menggunakan tangan dan dibakar dioven kayu. Adapun rasanya sungguh lezat...
Eeg tart tradisional khas Kampung Tugu
Berikut video lagu  keroncong Tugu dengan bahasa Kreol sewaktu berkunjung ke kampung Tugu yg dibawakan  oleh masyarakat keturunan Portugis
.
.

* Artikel ini sudah ditayangkan dengan moderasi oleh tim detiktravel sbb;



* Video sudah diupload di instagram bayufitri sbb;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya wisata Budaya dan kuliner di Tangerang menjelang Imlek

Ingin ke Amsterdam? Via museum Fatahillah Jakarta saja

Tradisi Patekoan di Pantjoran Tea House